RENCANA PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN
: SMP ………………
MATA PELAJARAN
: BAHASA
INGGRIS
KELAS/SEMESTER
: VIII/2
MATERI POKOK : Teks Report
ALOKASI WAKTU : 1 JP (1 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indokator
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikan transaktional dengan guru dan teman.
3.9. Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah
faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas XI
Indikator: Megidentifikasi struktur
teks report tentang binatang di sekitar
kita
4.13 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual
(factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan
peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.
Indikator: Megidentifikasi makna teks report tentang binatang di sekitar kita
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Siswa terampil menyusun
teks report lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana tentang orang,
binatang dan benda-benda di sekitar dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks dengan unsur kebahasaan yang benar, percaya diri, dan penuh tanggungjawab.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi
sosial:
1.
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
2.
Memberi
informasi tentang orang, binatang dan benda-benda di sekitar melalui ciri-ciri
yang dimiliki.
D.
METODE PEMBELAJARAN:
Project Based
Learning, model Snowball throwing.
E.
MEDIA PEMBELAJARAN:
LCD,
Pictures, Descriptive text
F.
SUMBER BELAJAR
When English Rings the Bell
Sumber lain yang relevan
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
a. bernyanyi “Good Morning”
b. Showing pictures about person, animals, thing around us
Inti
Siswa
|
Guru
|
PERTEMUAN I
|
|
Observing
|
|
·
Siswa mengamati gambar yang disajikan dalam slide atau poster dan
menyebutkan nama dan kata sifat yang melekat padanya
|
Merekam dalam catatan atau menuliskan characteristic dan adjective phrase yang disebutkan siswa
|
Questioning
|
|
·
Menebak gambar
|
1.
Guru memberikan teka teki tentang sebuah seseorang, binatang atau
benda-benda sekitar kita, dengan memberikan “clues” untuk ditebak siswa.
Memberikan
reward bagi siswa yang berhasil menebak
2.
Guru membawa gambar untuk di tebak siswa dengan menyanpaikan
pertanyaan.
|
Experimenting
|
|
1. Menyusun teks
report pendek sederhana, yang menjelaskan characteristic binatang.
|
Memotivasi siswa
untuk bekerja sama secara kolaboratif , hal 151
|
2. Membentuk
lingkarang besar dengan membawa kertas yang diberi namanya dan binatang
kesayangan, atau orang yang dikagumi.
|
- Memberi instruksi
tentang permainan “Snowball throwing”
- Memotivasi siswa agar bekerja sama, percaya
diri dan tanggung jawab.
- Memberikan kata-kata pujian
penyemangat, setiap peserta didik mengemukakan pendapatnya
|
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran,
·
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
·
Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai materi pembelajaran yang dipelajari peserta didik.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Media


Speaking
|
|||||
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
1-3
|
||
fluency
|
accuracy
|
pronunciation
|
|||
Kreteria Penilaian:
Fluency dengan skor 3, jika pembicaraan lancar tanpa
banyak jedah
2, jika
pembicaraan sering terjadi jedah
1, jika
pembicaraan tidak berlanjut,
Accuracy dengan skor 3, jika seluruh percakapan akurat
dan
2, jika
pembicaraan ada jeda
1,
jika pembicaraan stop
Pronunciation 3,
jika jelas dan tepat
2,
sebagian tidak jelas atau tidak tepat
1,
jika tidak jelas atau tidak tepa
Writing
|
|||||
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
1-3
|
||
Diction
|
accuracy
|
Kesesuain isi
|
|||
Kreteria
Diction 3,
jika pilihan kata tepat
2,
jika pilihan kata ada kurang tepat
1,
jika pilhan kata banyak yang kurang tepat
Accuracy 3,
jika grammar akurat
2,
jika grammar ada yang tidak akurat
1,
jika sebagian besar grammar tidak akurat
Attitude
|
||||
No
|
Nama
|
Aspek yang di amati
|
Skor
|
|
Percaya diri
|
Tanggung jawab
|
|||
Kreteria
BT (Belum Tampak) skor 1
MT (Mulai Tampak) skor 2
M M (Mulai Membudaya) skor 3
Casinos Near Casinos in Washington - MapyRO
BalasHapusFind Casinos Near Washington, D.C.. Find 제주 출장마사지 your nearest casino with MapyRO's 문경 출장샵 interactive 사천 출장안마 interactive interactive tool. Select 속초 출장안마 which 포천 출장안마 casino is closest to you and click