KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INGGRIS
KELAS
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan
maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.3
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.4
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.5
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan
menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan
bangunan publik
yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
3.6
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks label nama (label)
dan daftar barang (list), sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.7
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan
menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan
menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.9
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda
atau rambu
(short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.10
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan
tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Memahami fungsi
sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
4.1
Menyusun teks lisan
sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.2
Menyusun teks lisan
dan tulis sederhana untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.4
Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan
tulis sangat pendek dan sederhana.
4.5
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat
dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur
teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.7
Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.8
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.9
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi dari orang,
binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.10
Menangkap makna teks
instruksi (instruction), tanda atau
rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution), lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.11
Menyusun teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur
teks, dan unsur
kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.12
Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana.
4.13
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, tentang orang,
binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.14
Menangkap makna lagu.
|
KELAS X : WAJIB
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal
dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati diri, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended), serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/
kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya
dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata,
dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks recount
tentang pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif
sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu sederhana.
|
4. Mengolah, menalar,
dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan
tulis.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan,
menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian
bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.4
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.5
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat
bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.7
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang
merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.8
Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9
Menyunting teks deskriptif tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks
deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.11 Menangkap
makna pemberitahuan (announcement).
4.12 Menyusun teks
tulis pemberitahuan (announcement),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap
makna teks recount lisan dan tulis,
sederhana, tentang pengalaman, kegiatan, kejadian,
dan peristiwa.
4.14 Menyusun teks recount lisan dan tulis, sederhana,
tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.15 Menangkap makna
teks naratif lisan dan
tulis berbentuk cerita pendek
sederhana.
4.16 Menangkap makna lagu sederhana.
|
KELAS X: PEMINATAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan, serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank,
instansi, dll.
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan simpati, serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan melakukan
suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu
lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kecukupan untuk
dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.6
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks iklan barang, jasa, dan kegiatan
(event) di media massa, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks recount berbentuk
laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk cerita pendek, sederhana, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.10
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan sebab
akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks explanation tentang
gejala alam, sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X.
3.12
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara
dua benda atau tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.13
Menganalisis perbedaan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.14
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks proverb dan riddle, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.15
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.2
Menangkap makna dan mengisi pada formulir isian
yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan
dan merespon ungkapan simpati, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu
yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.5
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi
sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menangkap makna dalam iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari media
massa.
4.7
Menyusun teks tulis iklan barang, jasa dan, kegiatan (event) dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.8
Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, tentang laporan kerja dan uraian
peristiwa bersejarah.
4.9
Menyusun teks recount lisan dan tulis, tentang laporan
kerja dan uraian peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.10
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11
Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis
berbentuk cerita pendek sederhana.
4.12
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keterkaitan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13
Menangkap makna teks explanation tentang gejala alam, sesuai dengan konteks
pembelajaran lain di Kelas X.
4.14
Menyunting teks explanation tentang gejala alam, sesuai dengan konteks
pembelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15
Menyusun teks explanation
tentang gejala alam, sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.16
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keterkaitan antara dua benda atau tindakan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.17
Menyebutkan perbedaan dan persamaan teks
deskriptif dan teks explanation,
dilihat dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
4.18
Menangkap makna proverb dan riddle
4.19
Menangkap makna lagu.
|
How to Play Blackjack with Real Money? | Pogo Reports
BalasHapusBlackjack can be played at blackjack tables at 아 샤벳 a brick-and-mortar 부들 이 벗방 casino with blackjack. It's not a fun game, 코인 일정 사이트 just a real 바카라그림보는법 game. Learn how to play 뱃365 with