Senin, 14 Juli 2014

RPP 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMP ...                                                                                 
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Kelas/semester         : VII/1 (satu)
Materi Pokok           :Ungkapan Memuji dan Merespon Pujian                     
Alokasi Waktu         : 1 pertemuan (2 JP)


KI 1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, danhumaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkanmasalah.
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metodasesuai kaidah keilmuan.
A.                                        Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1        Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
2.




3













4






2.2







3.2










4.3





Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan kontekspenggunaannya.








Menyusun teks lisan dan tulisuntuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap (extended),dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


2.2.1     Menyapa guru dan teman dengan santun





3.2.1   Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan kontekspenggunaannya.

3.2.2   Mengidentifikasi struktur teks pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya.
3.2.3    Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya.

4.2.1   Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan memuji bersayap


C.      Tujuan Pembelajaran  
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.1.1.1

2.1.1.1

3.1.1.1

3.1.1.2

3.1.2.1


3.1.3.1
3.1.3.2
4.1.1.1

mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatanbelajar bahasa Inggris;
menyapa guru dan teman dengan santun dalam setiap komunikasi interpersonal pembelajaran;
mengidentifikasi ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan kontekspenggunaannya.
mengidentifikasi struktur teks memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan kontekspenggunaannya.
melafalkan ungkapanmemuji dan merespon pujian dengan intonasi yang benar;
menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan memuji dan merespon pujian;
menjawab ungkapan memuji;
menggunakan ungkapan memuji dan merespon pujian;
melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan memuji dan merespon pujian;


D.      Materi Pembelajaran 
Fungsi Sosial      :   
memuji dan merespon pujian
Struktur Teks     :   
·         Opening
·         Content/Sustaining
·         Closing

Unsur Kebahasaan:
Expression of giving compliment
Reponses
-          What a beautiful dress you wear!
-          You are great.
-          Your cook is so delicious.
-          Your look so elegant with that dress. I like it very much.
-          That new blouse suits on you. You look beautiful.
-          Those shoes look great on you.
-          Your job is excellent.
-          Your English is very good.
-          Fantastic!
-          Your work/food/job is superb.
-          That’s nice. I like it
-          Thank you.
-          Thank you very much.
-          Thank you for your compliment.
-          How kind of you to say so.
-          I’m glad you like it.
-          How nice of you
-          That’s very nice of you
-          Etc.


E.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Saintifik
2.         Pendekatan Komunikatif

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
          i.           Media
Komputer & LCD, dan papan tulis.

       ii.          Alat/Bahan
-

     iii.          SumberBelajar
Modul SMK

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

          i.               Pertemuan Kesatu

a.        Pendahuluan  (10 menit )
1)      Guru memberi salam.
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
4)      Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa.
b.   Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)  Siswa mendengarkan/menonton interaksi memuji bersayap.
2)  Siswa mengikuti interaksi memuji bersayap.
3)  Siswa menirukan model interaksi memuji bersayap
4)  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi memuji bersayap (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan memuji bersayap dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa memuji bersayap dengan bahasa Inggris dalam konteks role-play.
Mengasosiasi
1)   Siswa membandingkan ungkapan memuji bersayap yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
2)   Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
Siswa memuji dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

H. Penilaian
1.         Sikap spiritual dan sosial

a.         Jenis/Teknik Penilaian     : Non tes
b.        Bentuk Instrumen              : Lembarpengamatan
c.         Kisi-kisi                               :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris

Lampiran 1
2.
Santun
d.        Instrumen: lihat Lampiran 1
e.         Pedoman Penskoran:

2.         Pengetahuan
a.        Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Diperdengarkan teks lisan tentang menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1

  1.  
Diperdengarkan teks lisan tentang menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda, siswa dapat menentukan struktur teksnya dengan benar.
Soal No. 2

  1.  
Diperdengarkan teks lisan tentang menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda, siswa dapat menentukan unsur kebahasaannya dengan benar.
Soal No.3-5

d.        Instrumen: lihat Lampiran 2

e.        Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)

3.         Keterampilan
a.        Teknik Penilaian         : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen       : Tes Keterampilan Berbicara
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Disajikan 2 kartu situasi yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan dengan lancar, runtut dan berterima secara berpasangan
Soal No. 1

d.       Instrumen: lihat Lampiran 3.
e.        Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

f.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


                                                                                                ..........., .............................. 2013  Mengetahui                                                                    
Kepala SMP                                                                                      Guru Mata Pelajaran



________________________                                                            _________________________
NIP. ...                                                                                                NIP. ...




INSTRUMENT PENILAIAN


Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
No
Indikator
Skor
5

4

3

2

1

selalu
sering
kadang-kadang
jarang
tidak pernah
1
Berdoa dengan khidmat sebelum memulai kegiatan pembelajaran





2
Berdoa dengan khidmat sebelum melakukan tugas yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran





3
Berdoa dengan khidmat sesudah mengikuti kegiatan pembelajaran





4
Berdoa dengan khidmat sesudah melakukan tugas yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran





5
Menyapa dan berinteraksi dengan guru dan sesama teman dengan sopan






Lampiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan
Script Percakapan:
Nabila             : Hi, Sari! How are things?
Sari                  : Fine, and you?
Nabila                         : I’m feeling great today. How was your weekend at the beach?
Sari                  : Terrific! We had a lovely time there. You should go there.
Nabila             : Really? Hey, what a beautiful blouse you are wearing, it matches your skirt.
Sari                  : Thanks. My mother gave it to me on my birthday.
Nabila             : Wow! That’s wonderful. Oh, Sari, I almost forget. Can I ask you something?
Sari                  : Oh, sure. What’s up?
Nabila             : Have you finished typing the annual report we made last week?
Sari                  : Yes, mean this?
Nabila             : Yeah, Hmmm, I think this report is excellent. Thanks a lot Sari. You did a    great job. Now I have to give it to the director immediately.
Sari                  : OK. You’d better hurry. He may be waiting for it.
Nabila                         : Well, he probably is. Thanks again, Sari. Have a nice day!

Butir Pertanyaan:
1.    What Sari expression when look Nabila’s blouse?
A.    She feel interest
B.     She don’t like
C.     She don’t give expression
D.    She like it and give expression
E.     She is very like it
2.    What expression do they use to open the conversation?
A.    Hi,Vina. How’s life?
B.     Hi, Sari! How are things?
C.     Hi,how are you?
D.    Hi, how’s life?
E.     Hello sari?
3.    From the text we know that sari is a ... friend.
A.    glad
B.     kind
C.     great
D.    well
E.     classmate
4.    What is nabila’s blouse match with?
A.    The skirt
B.     The t-shirt
C.     The veil
D.    The dress
E.     The cloths
5.    Where they will going in the weekend?
A.    shop
B.     market
C.     library
D.    mall
E.     beach

Lampiran 4: Instrumen Penilaian Keterampilan
A1
You have a new bag. Your friend asks you some questions about it. Respond to them appropriately.
A2
Your friend has a new bag. Ask some questions about it politely.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar